Rabu, 17 Agustus 2011

Sejarah Singkat Paskibraka

Bukasanabukasini - Sejarah Paskibraka berawal dari seorang Ajudan RI pertama yang bernama Mayor Husein Mutahar pada tahun 1946 di Istana Agung Yogyakarta mendapat tugas oleh presiden untuk menyiapkan upacara bendera pada Hari Ulang Tahun RI yang I (pertama). Pada saat itu ia memiliki pemikiran untuk menambah persatuan bangsa sebaiknya pengibaran dilakukan oleh pemuda Indonesia yang datang dari seluruh provinsi. Karena pada saat itu pemerintah RI harus dipindahkan ke Yogyakarta, akibat aksi teror Belanda, keinginan tersebut tidak dapat dilakukan, sehingga penggantiannya ia memilih 5 pemuda pelajar Yogyakarta yang terdiri dari 3 putri dan 2 putra sebagaiRUKIBRAKA (Regu Pengibar Bendera Pusaka) jumlah ini melambangkan Pancasila. Pada tahun 1947 dan tahun 1948 RUKIBRAKA kembali bertugas di Istana Agung Yogyakarta. Dengan komposisi anggota perwakilan daerah yang berbeda.
Paskibraka.

Pada tahun 1966 Bapak Mukhtar diangkat menjadi Dirjen Urusan Pemuda dan Pramuka Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kemudian pada Hari Ulang Tahun yang ke 21, dia ditugaskan untuk menyiapkan upacara bendera. Kesempatan untuk mendatangkan utusan pemuda dari seluruh provinsi terbuka lebar, tetapi waktu pemanggilannya sangat mendesak dan diperlukan uji coba terlebih dahulu. Karena itu ia meminta bantuan warga Jakarta untuk menggunakan Pramuka Penegak sebagai PASKERAKA (Pasukan Pengerek Bendera Pusaka). Pola latihannya ialah Pelatihan Pemuda Pandu Ibu Indonesia Berpancasila. Setelah dianggap berhasil, tahun 1968 mulai dipanggil pemuda pelajar dan seluruh SMTA  di Indonesia untuk menjadiPASKIBRAKA (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka), setiap provinsi mengirim 2 utusan seorang putra dan putri. Hanya 23 dan 25 provinsi yang dapat mengirim utusannya.

Pasukan yang dibentuk tahun 1968 merupakan pasukan pertama, yang terakhir mengibarkan Bendera Pusaka, karena sudah tua untuk dikibarkan. Yang dikibarkan oleh PASKIBRAKA tahun 1969 adalah duplikat pusaka dan Bendera Pusaka bertugas mengiring bendera yang akan dikibarkan dan tempat inspektur upacara ke Tiang 17 dan pula pada saat penurunan bendera sore hari. Mulai tahun 1974 pola latihannya sudah menggunakan pola latihan Perintis Pemuda. Tahun 1993 adalah Hari Ulang Tahun PASKIBRAKA yang ke 25, dan pada tahun 2011 PASKIBRAKA berumur 43 tahun. Untuk lebih lengkap, silahkan klik disini.
 --Salam  PASKIBRAKA--

Sumber : Pengurus Daerah PPI Kota Denpasar.

1 komentar:

Terima Kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...