Kamis, 13 Oktober 2011

Gempa Guncang Bali 6,8 SH dan Gempa Susulan 5,6 SH

Bukasanabukasini, Nusa Dua - Gempa berkekuatan 6,8 skala richter (SH) mengguncang Pulau Dewata. Gempa Bali itu berpusat di kedalaman 10 kilometer dari permukaan laut bagian selatan pulau Bali. Warga sempat panik dan berhamburan keluar rumah dan keluar dari kantor.

Wilayah-wilayah Indonesia rawan gempa.










Informasi yang dilansir Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa gempa berkekuatan 6,8 SR terjadi sekitar pukul 11.16 WITA di Nusa Dua, Bali, Kamis 13 Oktober 2011. Gempa tidak berpotensi tsunami. 

Episentrum gempa diketahui berada di lokasi 9.89 Lintang Selatan dan 114.53 Bujur Timur. Pusat gempa berada pada jarak 143 kilometer arah barat daya, Nusa Dua, Bali.  Sedangkan gempa kedua terjadi pukul 15.52 WITA dengan kekuatan 5,6 SR. Titik gempa berada di 9,76 LS, 114,53 BT atau 131 kilometer barat daya Nusa Dua, Bali.
Lokasi pusat terjadinya gempa Bali.
Belum diketahui adanya data korban jiwa, kerusakan gedung atau korban luka akibat gempa ini. Namun, sehubungan dengan Breaking News BaliTV mengabarkan bahwa atap genteng Rumah Sakit Kasih Ibu , Jalan Teuku Umar, Denpasar, runtuh akibat gempa yang terjadi. Berita lain juga menyebutkan plavon Bandara Ngurah Rai berjatuhan akibat gempa. Pura dikawasan Sidakarya, Sekolah – sekolah di  Bali mendadak  meliburkan murid – muridnya pada saat kejadian, dan terjadi kepanikan pada siswa – siswa yang ketakutan. Gempa juga dirasakan hingga Yogyakarta, Malang, Jember, Surabaya, Blitar, Bali, dan NTB.


Berikut enam daerah yang juga merasakan gempa Bali pada skala Modified Mercalli Intensity (MMI):
1. Skala III-IV MMI di Karangkates
2. Skala III MMI di Denpasar
3. Skala III MMI di Badung
4. Skala III MMI di Tabanan
5. Skala II MMI di Yogyakarta
6. Skala II MMI di Lombok, Nusa Tenggara Barat 

Untuk informasi, pada skala III-IV MMI gempa dirasakan semua orang, IV-V MMI gempa dirasakan semua orang tanpa ada kerusakan bangunan, dan MMI V-VI gempa mengakibatkan kerusakan bangunan.

Sumber : Berita MetroTV, TVOne, BaliTV, VIVAnews pengalaman pribadi.

1 komentar:

  1. Semoga seluruh Indonesia aman. Dan tidak ada lagi bencana yang menelan korba, Amin.

    BalasHapus

Terima Kasih.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...